Thursday, August 12, 2010

Hangul n NiHongo???

Satu hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika kita mempelajari suatu bahasa asing, yaitu pelajari abjad2 atau aksara2 atau huruf2 dasarnya.. (tidak berlaku untuk beberapa bahasa, semisal Bahasa Mandarin)
yang saya maksudkan di sini adalah sewaktu belajar Bahasa Korea (Hangul) dan Jepang (NiHongo)
nah..


untuk Bahasa korea kita harus mempelajari vokal dan kosonan nya..
nah setelah kita mengenal vokal dan konsonannya tentu saja kita akan lebih mudah dalam mempelajari cara bacanya..
(walau belum mengerti artinya) hehehe...
nah itu belum termasuk konsonan ganda dan perubahan bunyi nya lagi (menurut saya sih huruf/aksaranya tidak begitu sulit, yang sulit cara bacanya)

begitu juga dengan bahasa Jepang..
untuk Hiragana nya saja ada 50 bunyi. nah itu belum termasuk dengan variannya..
Katakana juga sama.
untuk tulisan Hiragana, menurut saya sih agak2 susah, karena ada banyak huruf2 ajaib yang agak susah untuk di tulis.. hehehe...
sedang Katakana (walau belum belajar ngapal aksara2nya XP), tulisan aksaranya lebih simpel dan ada beberapa yang mirip dengan goresan aksara Mandarin dan Korea..
tapi teutep aja susah.. hahaha..

TAPI tetep harus berjuang untuk mengingat smua.. karena ada suatu kepuasan dan kebanggaan apabila saya bisa menguasainya (wlo sedikit.. T.T)
misalnya udah bisa baca Tulisan Jepang dari Ajinomoto atau Doraemon, saya pasti uda senang banget, karena itu adalah awal untuk bisa membaca dan pastinya untuk mengerti bahasa2 asing lainnya... hehhee..

Setidaknya ada suatu impian di mana, suatu saat nanti di Curiculum Vitae bisa mencantumkan, menguasai lebih dari 6 bahasa.. hahaha..
yah.. skrang ini kan bisanya cuma 1. bahasa Indonesia (pasti donk.. wlo saya akui masih banyak tatanan bahasa yang belepotan plus banyak bahasa gaoul nya.. whakakak),
2. bahasa Hokkian (walau bukan Hokkian Asli, melainkan Hokkian + Indonesia, inilah uniknya Medan, hahaha... Hanya orang Medan dan orang yang pernah tinggal lama di Medan yang mungkin bisa mengerti Hokkian di Medan ini.. hihihihi)
3. Mandarin (level SD, tapi kalo di suruh ngomong sama anak SD dari RRT or Taiwan pasti langsung ngacir, sanking g ngertinya)
4. Inggris.. (Ya Tuhan, klo nuntun film sih bisa ngerti, tapi kenapa klo ngedenger bule yang ngomong, serasa lagi denger lagu rap nya Limp Bizkit ya?? T.T)
5. Jawa (nah ini mah cuma bisa, Ojolali, siji, loro, telu, papat, limo.. selanjutnya terserah koe deh.. ) hahaha
6. Batak (mulak, mulyateh, serasa cuma tau ini doang, n g lupa HORAS n MENJUAH-JUAH nya.. hoehoehoe...)
hahaha.. udah 6 bahasa nih... pengen lebih lagi.. huakakka..

No comments:

Post a Comment