Wednesday, July 16, 2008

Kalo Lagi Susah Tidur

Mandi Biar Segar

Biarpun kamu sore tadi sudah mandi sebelum berangkat ekskul, sebaiknya pulang dari kegiatan tersebut mandi lagi dech, apalagi bila ekskulnya adalah olahraga. Bila sudah terlalu sore atau bahkan malam hari tetaplah mandi, tetapi dengan air hangat. Dengan mandi air hangat, otot-otot yang kaku dan pegal bisa sedikit lentur dan rasa capek bisa berangsur hilang. Dan dengan sendirinya kalau badan sudah terasa nyaman rasa kantuk pun akan datang.

Pakai Baju Longgar

Selesai mandi gunakan pakaian khusus untuk tidur. Bajunya jangan terlalu sempit atau dari kain yang kurang nyaman. Paling baik gunakan baju yang terbuat dari bahan katun atau kaos. ^_^

Minum yang Hangat

Bila badan sudah segar dan hangat dengan cara mandi air hangat tadi dan mata juga belum mau tertutup, coba dech kamu minum minuman yang hangat seperti teh hangat atau susu hangat. Tapi jangan gelas gede lho!! Bisa-bisa bukannya ngantuk yang muncul tapi kembung yang nongol dan tambah melotot saja tuh mata. Hee...

Membaca

Masih melek??? Coba baca-baca buku dan bukunya jangan yang terlalu kamu suka, soalnya bukan kantuk yang datang tapi kamu tambah asyik saja dengan bacaanmu, bisa-bisa enggak sadar hari sudah pagi dan kamu belum bobo juga. Begitu matamu terasa sudah 5 watt, tutup buku dan langsung bobo.

Dengerin Musik n Matikan Lampu

Tidur paling enak bila keadaan gelap sambil ada suara musik mengiringi. Mata yang lelah paling bagus bila hanya ada cahaya sedikit saja, tapi bila takut sama gelap pasang lampu yang berwatt kecil. Dengan begitu pandangan mata enggak melihat kemana-mana yang mengingatkan kamu tentang apa saja yang buat kamu enggak bisa tidur.

Pijat-pijat

Bila kamu termasuk yang tiap malamm selalu repot dengan mata susah terpejam, coba lakukan pijatan di kaki selama 5-10 menit. Paling baik lagi pijatnya pakai minyak urut. Setelah pengurutan selesai jangan lupa melap kaki yang terkena minyak agar kering.

Selain kaki, perut juga bisa diurut secara perlahan. Bagian perut yang diurut secara perlahan. Bagian perut yang diurut adalah lima centimeter di bawah puser. Lumuri juga perut tersebut dengan minyak urut, kemudian urut secara perlahan searah putaran jarum jam. Lama waktunya juga bisa lima menit saja dan jangan lupa setelah itu bersihkan dari sisa minyak.

No comments:

Post a Comment